Yudi Latif: Pancasila Titik Temu Konsep Beragama

Riset Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer
April 5, 2021
Sekum Muhammadiyah: Covid-19 Bukan Tahayul atau Konspirasi
July 29, 2021

Jakarta, PPIM – ”Pancasila adalah titik temu konsep moderasi dalam beragama,” demikian ungkap Yudi Latif, Pakar Aliansi Kebangsaan, dalam Webinar Series #ModerasiBeragama yang ke-21, dengan tema “Menakar Kebangsaan” yang diselenggarakan oleh PPIM UIN Jakarta melalui program CONVEY Indonesia, Jumat (18/6).

Yudi Latif menjelaskan bahwa moderasi merupakan suatu kondisi dimana relasi antar kemajemukan tidak saling bertubrukan karena semua sesuai dengan timbangannya. Disitulah titik moderasi dapat ditemukan. Yudi pun menegaskan bagaimana falsafah kebangsaan dan keragaman Indonesia berperan dalam melahirkan sikap moderat

“Harus kita akui bahwa keragaman adalah sunnatullah (sudah digariskan oleh Tuhan). Bagaimana cara agar segalanya seimbang? Sebenarnya kita mempunyai doktrin yang namanya “Bhinneka Tunggal Ika”. Kita laksanakan saja doktrin itu,” ungkap Yudi

Untuk itulah, Yudi menunjukkan bagaimana umat beragama seharusnya berperan. Menurutnya, konsep moderasi beragama adalah bagaimana kita bisa mempunyai sikap yang moderat ketika berhubungan antar beragama, moderat dalam mempertentangkan dalam agama dan bangsa, keragaman dan kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Pancasila mempertemukan konsep-konsep itu,” papar Yudi.

Webinar Moderasi Beragama ini dilaksanakan setiap Jum’at melalui kanal Youtube “PPIM UIN Jakarta” dan “Convey Indonesia”. Dalam kesempatan kali ini, Yudi Latif didampingi oleh Team Leader Convey Indonesia, Jamhari Makruf, sebagai moderator.

Penulis: Rizki Ciptaningsih
Editor: M. Nida Fadlan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + fifteen =

English