Jamhari: Jadilah Pengguna Medsos yang Cerdas

Azyumardi Azra: Pemberdayaan Kelompok Moderat di Medsos, Penting
November 29, 2020
Tanggapi Konservatisme Agama, Ini Saran Influencer Medsos
November 29, 2020

Jakarta, PPIM – Team Leader Convey Indonesia, Jamhari Makruf, mengajak pengguna media sosial menjadi pengguna yang cerdas dan aktif. Hal ini disampaikannya dalam Webinar Series #ModerasiBeragama bertema “Moderasi Beragama dan Polarisasi Media Maya” yang diselenggarakan oleh PPIM UIN Jakarta melalui program CONVEY Indonesia, Jumat (27/11).

“Saya teringat dengan satu pepatah lama yang sering kita dengar. Tong kosong nyaring bunyinya, jangan-jangan media sosial suka berisik dan suka menyampaikan itu kaya tong kosong gitu padahal gak ada isinya tapi membuat bising dan telinga berdengung dan seterusnya,” ucap Peneliti Senior PPIM ini.

Menurut Jamhari, pengguna medsos mau tidak mau harus mengakui bahwa dunia media sosial dan dunia digital adalah kebiasaan baru yang akan kita jadikan patokan dan lalui saat ini. Polarisasi di sosial media yang dimasukkan ke dalam realita sosial maka akan jadi potensi konflik yang tidak ada berkesudahan.

Jamhari juga berpesan, “Sesungguhnya media sosial dalam hal tertentu adalah potret dari realita sosial yang ada dan saya rasa kita tidak ingin bahwa potret realita sosial kita di media sosial dipenuhi oleh orang-orang tertentu. Jadi aktiflah menjadi pengguna sosial yang cerdas, yang baik dan menyuarakan islam wasathiyah.”

Webinar Moderasi Beragama ini dilaksanakan setiap Jumat melalui kanal Youtube “Convey Indonesia”. Diskusi yang dimoderatori oleh Jamhari ini dihadiri juga oleh tiga narasumber yaitu, Prof. Azyumardi Azra, CBE (Cendekiawan Muslim), Iim Halimatussa’diyah, Ph.D (Koordinator Program MERIT), dan Indra Dwi Prasetyo (Influencer, Managing Director ID Next Leader).

Penulis: Andita Putri Ghassani
Editor: Zhella Apriesta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =