Webinar Internasional – Tim Lindsey: Padukan Islam Moderat dan Pendidikan Modern

Komaruddin Hidayat: Keragaman adalah Desain Tuhan
July 20, 2020
Generasi Milenial Harus Berdakwah di Media Sosial
July 20, 2020

PPIM.UINJKT.AC.ID – “Jelas bahwa lembaga pendidikan di Indonesia bergulat untuk memenuhi tuntutan masyarakat modern.” Ungkapan ini disampaikan oleh Profesor dari Universitas Melbourne, Tim Lindsey, Webinar Series #ModerasiBeragama bertema “Indonesianis Bicara Moderasi Beragama: Dari Indonesia untuk Dunia” yang diselenggarakan oleh PPIM UIN Jakarta melalui program CONVEY Indonesia, Jumat (17/7).

Tim Lindsey berbicara mengenai Islam moderatisme di dalam pendidikan di Indonesia. Ia membicarakan pendidikan Islam tradisional yang menekankan pada tradisi dibandingkan inovasi. Tim juga menyoroti lembaga pendidikan tradisional yang membekali siswa dengan ilmu agama namun tidak membekali mereka dengan kecakapan yang diperlukan di masa kini.

“Hal ini penting karena lembaga pendidikan tinggi dan perguruan tinggi Islam adalah penghasil terbesar tenaga kerja pengajar di sekolah-sekolah Islam sekaligus mencetak para pejabat negara yang bertanggung jawab kepada kebijakan agama,“ ujar Tim.

Tim Lindsey mendorong para pembaharu pendidikan untuk memadukan tradisi Islam yang moderat dengan pendidikan yang modern melalui pendekatan historis dan sosiologis mengenai kajian Islam di Indonesia. Ia berharap para pembaharu ini menjadi penyeimbang untuk mengantisipasi bangkitnya intoleransi dan pengaruh penganut garis keras yang terjadi selama ini.

Selain Tim, webinar yang dipimpin Team Leader CONVEY Indonesia Jamhari Makruf ini menghadirkan Indonesianis lainnya seperti Hyung-Jun Kim dari Kangwon National University, Takeshi Kohno dari Toyo Eiwa University, dan Eva Fachrunnisa dari Australian National University.

Penulis: Andita Putri Ghassani
Editor: Zhella Apriesta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + ten =