Survei PPIM: Ustadz Abdul Somad Jadi Panutan Guru Muslim

63,07 Persen Guru Indonesia Miliki Opini Intoleransi terhadap Agama Lain
October 18, 2018
Survei PPIM: Potret Keberagamaan Guru di Indonesia
October 18, 2018

GATRA.COM –¬†Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi pemuka agama Islam paling menjadi panutan di mata guru muslim di Indonesia. Berdasarkan Hasil survei Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta, UAS berada di posisi pertama dengan 29,31%.

Survei ini dilakukan pada 6 Agustus – 6 September 2018 terhadap 2.237 guru yang beragama Islam di 34 provinsi di Indonesia. Setiap provinsi dipilih secara acak (random) kabupaten/kota menggunakan probability proporsional to size (PPS).

“Ustadz Abdul Somad dijadikan panutan oleh para guru yang beragama Islam dengan 29,31%. Kemudian di tempat kedua yaitu KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dengan 11,63%,” kata Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta Saiful Umam dalam diskusi ‘Pelita Yang Meredup’ di Jakarta Selatan, Selasa (16/10).

Kemudian di peringkat ada ustadzah Mamah Dedeh dengan 9,66%, diikuiti oleh Quraish Shihab (5,41%), Ustadz Adi Hidayat (3,58%), Ustadz Maulana (3,46%) dan KH Mustofa Bisri atau Gus Bisri (2,91%). Diketahui, PPIM UIN Jakarta pernah melakukan survei serupa di tahun 2017 dengan objek penelitian siswa sekolah.

Dalam survei tersebut ustadzah Mamah Dedeh berada di posisi pertama. “Tahun lalu di survei yang hampir sama, Mamah Dedeh berada di peringkat pertama, kedua adalah Ustadz Maulana,” tanda Saiful Umam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =